SELAMAT DATANG MASA DEPAN

SELAMAT DATANG MASA DEPAN
Guru adalah segala dibalik cita-cita mereka... Tiada satu keinginan kecuali pengabdian mewujudkan cita-cita gemilang membangun masa depan. Di antara aku dan mereka ada mimpi-mimpi kita yang patut diperjuangkan untuk menjadi sebuah kenyataan. Senyum Senyum Senyum dan Senyum .... Karena dengan cita-citalah kita menjadi lebih hidup :)

Minggu, 24 Maret 2013

SASTRA ANGKATAN '66 DAN SASTRA KONTEMPORER PERIODE 70an


BAB 1
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
            Majunya peradaban suatu bangsa dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya adalah adanya budaya berupa karya sastra, dalam perkembangan sejarah sering digunakanya karya sastra sebagai tolok ukur majunya peradaban suatu bangsa, apabila suatu bangsa memiliki karya sastra yang indah serta adiluhung, niscaya keberadaan bangsa tersebut akan lebih diakui dan dihargai sebagai bangsa yang berwibawa, berkeribadian, dan berbudaya.
            Karya sastra berkembang sesuai dengan keadaan zaman, maka dari itulah lahir beberapa angakatan sastrawan yang sesuai pada masanya, karya sastra yang dilahirkan dapat berisi tentang keadaan sosial, kritik sosial, protes sosial, atau sebagai sarana sosialisasi dan komunikasi yang efektif, agar masyarakat dapat menangkap makna dibalik karya sastra tersebut, yang sejatinya merupakan harapan para sastrawan dalam menciptakan karya sastra tersebut.
            Sebagai generasi penerus kita wajib mengetahui,mempelajari dan selanjutnya melestarikan keberadaan karya sastra tersebut, bahkan menjadikanya sebagai inspirasi dan penyemangan bagi kita untuk selalu berkarya dalam rangka memberikan konstribusi bagi kemajuan bangsa dan Negara.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu sastra angkatan ’66?
2.      Apa itu sastra kontemporer periode 70-an?




1
 
 

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sastra Angkatan ‘66
1.      Latar Belakang Munculnya Sastra Angkatan66
            Munculnya sastra angkatan ‘66 ini didahului dengan adanya kemelut di segala bidang kehidupan di Indonesia yang disebabkan oleh aksi teror  politik G30S/PKI dan ormas-ormas yang bernaung dibawahnya. Angkatan ‘66 mempunyai cita-cita ingin adanya pemurnian pelaksanaan Pancasila dan melaksanakan ide-ide yang terkandung di dalam Manifest Kebudayaan. Tumbuhnya sastra angkatan ‘66 sejalan dengan tumbuhnya aksi-aksi sosial politik di awal angkatan ‘66 yang dipelopori oleh KAMMI/KAPPI untuk memperjuangkan Tritura. Munculnya nama angkatan ‘66 telah diumumkan oleh H.B. Jassin dalam majalah Horison nomor 2 tahun 1966. Pada tulisan tersebut dikatakan bahwa angkatan ‘66 lahir setelah ditumpasnya pengkhianatan G.30S/PKI. Penamaan angkatan ‘66 ini pun mengalami adu pendapat. Sebelum nama angkatan ‘66 diresmikan, ada yang memberi nama angkatan Manifest Kebudayaan (MANIKEBU). Alasan penamaan ini karena Manifest Kebudayaan yang telah dicetuskan pada tahun 1963 itu pernyataan tegas perumusan perlawanan terhadap penyelewengan Pancasila dan perusakan kebudayaan oleh Lekra/PKI. Beberapa sastrawan merasa keberatan dengan nama angkatan MANIKEBU. Mereka berpandangan bahwa sastrawan yang tidak ikut menandatangani atau mendukung Manifest Kebudayaan akan merasa tidak tercakup di dalamnya, meskipun hasil ciptaannya menunjukkan ketegasan dalam menolak ideologi yang dibawa oleh PKI dalam lapangan politik dan kebudayaan.
2
 
Pemberian atau penamaan “Angkatan 66” pertama kali dikemukakan oleh H.B.Jassin dalam artikelnya berjudul Angkatan ’66  Bangkitnya Satu Generasi, dimuat dalam majalah Horison, Agustus 1966; kemudian dimuat kembali dalam bunga rampainya berjudul Angkatan ’66. Angkatan ini ditandai dengan terbitnya Horison (majalah sastra) pimpinan Mochtar Lubis. Penerbit Pustaka Jaya sangat banyak membantu dalam menerbitkan karya-karya sastra pada masa ini.
Faktor-faktor penyebab pertumbuhan sastra cukup pesat, antara lain
adanya taman Ismail Marzuki, didirikannya penerbit Pustaka Jaya, adanya maecenas yang stabil. Maecenas adalah sebagai pelindung seni dan kebudayaan dan pemerintah DKI menyelenggarakan lomba menulis roman, naskah drama yang bisa merangsang pengarang sehingga muncul kegiatan seni budaya.
2.      Ciri-Ciri Sastra Angkatan ‘66
            Karya yang dihasilkan bermacam-macam ide dan warna. Contohnya: warna lokal yang terdapat pada Ronggeng Dukuh Paruk karya Achmad Thohari.  Tema yang diangkat banyak mengenai masalah kegelisahan batin dan rumah tangga. Kegelisahan tersebut bersumber pada situasi budaya belum mapan dan situasi-situasi tersebut karena adanya norma politik dan norma ekonomi. Menegakkan keadilan dan kebenaran berdasarkan Pancasila dan UUD 45, menentang komunisme dan kediktatoran,  bersama Orde Baru yang dikomandani Jendral Suharto ikut menumbangkan Orde Lama, mengikis habis LEKRA dan PKI. Sastra Angkatan ’66 berobsesi menjadi Pancasilais sejati. Yang paling terkenal adalah kumpulan sajak “Tirani” dan “Benteng” antologi puisi Taufiq Ismail. Hampir seluruh tokohnya adalah pendukung utama Manifes Kebudayaan  yang sempat berseteru dengan LEKRA. Sastra tersebut merupakan sastra protes. Arti penting sajak angkatan ‘66 pertama-tama bukanlah sebagai seni, tetapi merupakan curahan hati khas anak-anak muda yang mengalami kelegaan perasaan setelah masa penindasan.
3.      Tokoh Sastra Angkatan ’66 dan Hasil Karyanya
Beberapa satrawan pada angkatan ini antara lain: Umar Kayam, Ikranegara, Leon Agusta, Arifin C. Noer, Darmanto Jatman, Arief Budiman, Goenawan Mohamad, Budi Darma, Hamsad Rangkuti, Putu Wijaya, Wisran Hadi, Wing Kardjo, Taufik Ismail. Contoh karya Taufik Ismail yaitu Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, Tirani dan Benteng (kumpulan sajak tahun 1966), Buku Tamu Musim Perjuangan, Sajak Ladang Jagung, Kenalkan, Saya Hewan, Puisi-puisi Langit, Buku Tamu Museum Perjuangan (kumpulan sajak, 1969).
4.      Contoh Hasil Karya Sastra Angkatan ‘66
a.      Buku Tamu Musium Perjuangan

      Pada tahun keenam Setelah di kota kami didirikan Sebuah musium perjuangan Datanglah seorang lelaki setengah baya Berkunjung dari luar kota Pada sore bulan Nopember berhujan Dan menulis kesannya di buku tamu Buku tahun keenam, halaman seratus delapan       
‘Bertahun-tahun aku rindu Untuk berkunjung ke mari Dari tempatku jauh sekali Bukan sekedar mengenang kembali Hari tembak-menembak dan malam penyergapan Di daerah ini Bukan sekedar menatap lukisan-lukisan Dan potret para pahlawan Mengusap-usap karaben tua Baby mortir buatan sendiri Atau menghitung-hitung satyalencana Dan selalu mempercakapkannya 
Alangkah sukarnya bagiku Dari tempatku kini, yang begitu jauh Untuk datang seperti saat ini Dengan jasad berbasah-basah Dalam gerimis bulan Nopember 
Datang sore ini, menghayati musium yang lengang Sendiri Menghidupkan diriku kembali Dalam pikiran-pikiran waktu gerilya Di waktu kebebasan adalah impian keabadian Dan belum terpikir oleh kita masalah kebendaan Penggelapan dan salahguna pengatas-namaan Begitulah aku berjalan pelan-pelan Dalam musium ini yang lengang Dari lemari kaca tempat naskah-naskah berharga Ke sangkutan ikat kepala, sangkur-sangkur berbendera Maket pertempuran dan penyergapan di jalan Kuraba mitraliur Jepang dari baja hitam Jajaran bisu pestol Bulldog, pestol Colt PENGOEMOEMAN REPUBLIK yang mulai berdebu Gambar laskar yang kurus-kurus Dan kuberi tabik khidmat dan diam Pada gambar Pak Dirman 
Mendekati tangga turun, aku menoleh kembali Ke ruangan yang sepi dan dalam Jendela musium dipukul angin dan hujan Kain pintu dan tingkap bergetaran Di pucuk-pucuk cemara halaman Tahun demi tahun mengalir pelan-pelan 
Di depan tugu dalam musium ini Menjelang pintu keluar di tingkat bawah Aku berdiri dan menatap nama-nama Dipahat di sana dalam keping-keping aluminia Mereka yang telah tewas Dalam perang kemerdekaan Dan setinggi pundak jendela Kubaca namaku di sana…
b.      Orang Hutan (dalam Kumpulan Puisi Saya Hewan)

“Perkenalkan anak-anak, saya hewan!
Nama saya Orang Hutan
Hobi saya di pohon berayun-ayunan
Alamat saya hutan Kalimantan.”

Anak-anak sekelas jadi heran dan gelak-gelakAda orang hutan lepas dari Kebun Binatang?Tapi dia nampaknya baik dan tidak galakBentuknya memang seperti orang
Pak guru menerangkan di depan kelas
Pelajaran ilmu hewan supaya jelas:
“Memang di kalangan para hewan biasa
Orang Hutan paling mirip manusia”

“Tangannya ini panjang sekali, dua kali tinggi badan
Sering dipakai berayun dari dahan ke dahan pepohonan
Kakinya pendek, tapi jari kakinya pandai menggenggam
Sangat berguna di hutan siang dan malam”

Kemudian pak guru ilmu hayat berkata pula:
“Dia ini gemuk tak terkira
Kira-kira delapan puluh kilo berat badannya
Bulunya berwarna coklat tua”

Lantas dengan sopan dia minta permisi akan pergi segeraBersalaman dengan guru ilmu hayat dan anak-anak dilambainya“Selamat jalan Orang Hutan, baik-baik di jalan ya.”Dia pulang ke Kebun Binatang, lompat lewat jendela.
c.       Makna Seribu Bulan (Kumpulan Puisi Langit)
Malam biru hitam
Di planit tua ini
Ketika margasatwa
Suhu. Suara. Perpohonan
Embun mengendapkan intan
Angin membisiki hutan
Gunung jadi keristal
Bisu,
Sungai-sungai menahan
Napasnya
Sumbu bumi berhenti
Ketika sangkakala angkasa
Ditiup pelahan
Dalam suara
Firdausi
Ketika Mukjizat turun
Ketika Sifat Rahim mengalun
Di planit tua ini
Dan gerbang kosmos
Dibuka
Dalam angin berkelepakan
Sayap-sayap malaikat
Dengan cahaya suarga
Meluncur-luncur
Melinangi bumi
Ketika bulan akan sabit
Dan berjuta bintang
Gemerlap
Dan manusia menangis
Di bumi
Di bawah Nur Ilahi
Pada malam benderang
Ketika margasatwa senyap
Waktu pun berhenti
Embun membasahi dahi
Pohon-pohon menunduk
Wahai:
Mukjizat telah turun
Sifat Rahim mengalun
Lelaki itu
Perempuan itu
Menangis dalam syukur
Berair mata dalam doa
Dalam teduh Mukjizat dan Keampunan
Ketika bulan belum sabit
Ketika malam seribu bulan.
1965
B.     Sastra Kontemporer Periode 70-an
1.      Latar Belakang Munculnya Sastra Kontemporer Periode 70-an
            Sastra kontemporer adalah karya sastra yang bersifat eksperimental, memiliki sifat-sifat yang “menyimpang” dari konvensi-konvensi sastra yang berlaku biasa atau umum. Sastra kontemporer muncul sebagai reaksi terhadap sastra konvensional yang sudah beku dan tidak kreatif lagi. Sastra kontemporer merambah pada seluruh jenis karya sastra, seperti novel, puisi, dan drama. Tokoh-tokoh sastra ini pada zamannya termasuk sastrawan mudah pada tahun 70-an.
            Munculnya sastra kontemporer merupakan reaksi terhadap sastra konvensional yang dianggap telah mendominasi eksistensi karya sastra. Bahkan sastrawan mudah merasa jenuh dengan karya sastra yang telah ada karena merasa terbelenggu daya kreasinya.
            Kelahiran sastra kotemporer di pelopori oleh sosok Sutardji C.B. Sastra kontemporer lahir karena adanya pergeseran nilai kehidupan dan tatanan dalam masyarakat secara menyeluruh. Pada dasarnya sastra kontemporer Indonesia lebih cenderung di pengaruhi oleh sastra Barat atau Eropa. Ciri salah satu karakter sastra kontemporer Indonesia adalah ” seni untuk seni “
            Sastra kontemporer merupakan bentuk seni yang mengobrak-abrik tatanan bahasa atau kata. Karakteritas yang sangat menonjol pada karya sastra kontemporer ini adalah karyanya yang sangat non–konvensional sehingga karya sastra ini cenderung kurang diminati oleh para pembaca pada umumnya.
2.      Ciri-Ciri Sastra Kontemporer Periode 70-an
Ciri atau karakteritas sastra kontemporer atau sering disebut dengan sastra Avant Garde ini yaitu sastra yang sudah jelas penokohannya atau dan karakter tokoh, sastra bertujuan mencapai keabsolutan seni menciptakan tingkat penciptaan yang setinggi–tingginya dengan semboyan “seni untuk seni”.
 Mereka tidak peduli apakah karya semacam itu dapat dipahami oleh lingkungannya atau tidak. Mereka mencipta demi kemajuan bangsanya. Inilah sebabnya sering muncul tuduhan bahwa avant garde hanya berkarya untuk para kritikus seni yang berwibawa saja.
Karakteristik sastra kontemporer atau Avant Garde ini bertumpu kepada seni yang telah mentradisi. Karakteristik avant garde ini diciptakan oleh para seniman tidak dengan eksperimen tidak dengan coba–coba, tidak dengan lempar dadu. Para seniman pencipta karya sastra kontemporer ini ini bekerja melalui proses penciptaan yang panjang. Melalui pencarian yang panjang dan bertanggungjawab. Tema dan ciri-ciri dari puisi kontemporer adalah sebagai berikut:
a.      Tema Puisi Kontemporer,
Biasanya puisi-buisi kontemporer bertemakan:
1)      Tema protes yang ditujukan kepada kepincangan sosial dan dampak  negatif dari industrialisasi.
2)      Tema humanisme yang mengemukakan kesadaran bahwa manusia adalah subjek pembangunan dan bukan objek pembangunan.
3)      Tema yang mengungkapkan kehidupan batin yang religius dan cenderung kepada mistik.
4)      Tema yang dilukiskan melalui alegor dan parable.
5)      Tema tentang perjuangan menegakkan hak-hak azasi manusia berupa perjuangan untuk kebebasan, persamaan hak, pemerataan, dan bebas dari cengkeraman dari teknologi modern.
6)      Tema kritik sosial terhadap tindakan sewenang-wenang dari mereka yang menyelewengkan kekuasaan dan jabatan
b.   Ciri-Ciri Puisi Kontemporer
1)      Puisi bergaya mantra dengan sarana kepuitisan berupa pengulangan kata, frasa, atau kalimat.
2)      Gaya bahasa paralelisme dikombinasi dengan gaya bahasa hiperbola dan enumerasi dipergunakan penyair untuk memperoleh efek pengucapan maksimal.
3)      Tipografi puisi dieksploitasi secara sugestif dan kata-kata nonsens dipergunakan dan diberi makna baru.
4)      Kata-kata dari bahasa daerah banyak dipergunakan untuk memberi efek kedaerahan dan efek ekspresif.
5)      Asosiasi bunyi banyak digunakan untuk memeroleh makna baru
6)      Banyak digunakan gaya penulisan prosaic
7)      Banyak menggunakan kata-kata tabu
8)      Banyak ditulis puisi lugu untuk mengungkapkan gagasan secara polos.
c.    Ragam Puisi Kontemporer
Adapun puisi kontemporer bisa dibedakan menjadi beberapa ragam sebagai berikut:
1)      Puisi Tanpa Kata, yaitu puisi yang sama sekali tidak menggunakan kata sebagai alat ekspresinya. Sebagai gantinya di gunakan titik-titik, garis, huruf, atau simbol-simbol lain.
2)      Puisi Mini Kata, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata dalam jumlah yang sangat sedikit, dilengkapi dengan symbol lain yang berupa huruf, garis, titik, atau tanda baca lain.
3)      Puisi Multi Lingual, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata atau kalimat dari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.
4)      Puisi Tipografi, yaitu puisi kontemporer yang memandang bentuk atau wujud fisik puisi mampu memperkuat ekspresi puisi. Bahkan wujud fisik puisi dipandang sebagai salahh satu unsur puisi, sebagai suatu tanda yang memiliki makna tertentu, yang tidak terlepas dari keseluruhan makna puisi.
5)     Puisi Supra Kata, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata-kata konvensional yang dijungkir-balikkan atau penciptaan kata-kata baru yang belum pernah ada dalam kosakata bahasa Indonesia. Puisi macam ini lebih mementingkan aspek bunyi dan ritme, sehingga merangsang timbulnya suasana magis (cenderung sebagai puisi mantra).
6)            Puisi Idiom Baru. Puisi ini dibedakan dengan puisi konvensional terutama oleh penggunaan idiom-idiom baru yang terdapat didalamnya. Puisi idiom baru tetap menggunakan kata sebagai alat ekspresinya, tetapi kata tersebut dibentuk dan diungkapkan dengan cara baru, diberi nyawa baru. Digunakan idiom-idiom baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya.
7)      Puisi Mbeling. Puisi ini pada umumnya mengandung unsur humor, bercorak kelakar. Dalam puisi ini sering terdapat unsure kritik, terutama kritik sosial. Puisi mbeling tidak meng”haram”kan penggunaan suatu kata. Semua kata mempunyai hak yang sama dalam penulisan puisi ini.
3.      Tokoh Sastra Kontemporer Periode 70-an dan Hasil Karyanya
a.      Sutardji Calzoum Bahri
      Karyanya meliputi
1)      Kumpulan sajak o, amuk, kapak  
2)      Tragedi sihka dan winka
3)      Batu
b.      Supardi Djoko Damono
Karangannya:
1)      Dukamu Abadi (Kumpulan sajak, 1969)
2)      Mata Pisau (Kumpulan sajak, 1974)
3)      Akuarium (Kumpulan sajak, 1974)
c.       Leon Agusta
Karangannya:
1)      Catatan putih (Kumpulan sajak, 1975)
2)      Hukla (Kumpulan sajak, 1979)
d.      Entha Ainun Nadjib
Karangannya:
1)      “M” Frustasi (kumpulan sajak, 1976)
2)       Nyanyian Gelandangan (Kumpulan Sajak, 1981)
4.      Contoh  Hasil Karya Sastra Angkatan 70-an
a.      Tragedi Sihka dan Winka
Oleh : Sutardji Calzoum Bachri

      kawin
                 kawin
                            kawin
                                       kawin
                                                 kawin
                                                          ka
                                                    win
                                                ka

                                         win
                                   ka
                            win
                      ka
              win
          ka
winka
        winka
                  winka
                           sihka
                                   sihka
                                           sihka
                                                    sih
                                                ka
                                           sih
                                      ka
                                sih
                           ka
                      sih
                 ka
           sih
      ka
           sih
                sih
                       sih
                            sih
                                sih
                                    sih
                                        ka
                                            Ku
Sutardji Calzoum Bachri, O AMUK KAPAK ,1981
Memahami Puisi, 1995

b.  BATU
    Oleh: Sutardji Calzoum Bahri
batu mawar
batu langit
batu duka
batu rindu
batu janun
batu bisu
kaukah itu
teka
teki
yang
tak menepati janji ?

Dengan seribu gunung langit tak runtuh dengan seribu perawan
hati takjatuh dengan seribu sibuk sepi tak mati dengan
seribu beringin ingin tak teduh. Dengan siapa aku mengeluh?
Mengapa jam harus berdenyut sedang darah tak sampa mengapa gunung harus meletus sedang langit tak sampai mengapa peluk
diketatkan sedang hati tak sampai mengapa tangan melambai
sedang lambai tak sampai. Kau tahu

batu risau
batu pukau
batu Kau-ku
batu sepi
batu ngilu
batu bisu
kaukah itu
teka
teki
yang
tak menepati
janji ?

Sutardji Calzoum Bahri
c.  Mata Pisau
     Oleh: Supardi Djoko Damono
Mata pisau itu tak berkedip melihatmu:
Kau yang baru saja mengasahnya
Berfikir: ia tajam untuk mengiris apel
Yang tersedia diatas meja
Sehabis makan malam,
Ia berkilat ketika terbayang olehnya
Urat lehermu
Supardi Djoko Damono


















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Secara umum, faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya angkatan ’66 adalah karena situasi sosial politik pada waktu itu, pada tahun ’66 karya satranya didominasi oleh jiwa Pancasialis, setelah keberhasilan penumpasan pemberontakan PKI oleh TNI pada waktu itu, namun ada juga warna tradisonal, yang menceritakan tentang kebudayaan di suatu wilayah seperti Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Beberapa satrawan pada angkatan ini antara lain: Umar Kayam, Ikranegara, Leon Agusta, Arifin C. Noer, Darmanto Jatman, Arief Budiman, Goenawan Mohamad, Budi Darma, Hamsad Rangkuti, Putu Wijaya, Wisran Hadi, Wing Kardjo, Taufik Ismail.
            Sastra kontemporer adalah sastra yang muncul setelah angkatan ’66, karya sastra ini terimspirasi oleh perkembangan sastra yang terjadi didaerah barat (eropa), Karakteristik sastra kontemporer atau Avant Garde ini bertumpu kepada seni yang telah mentradisi. Karakteristik avant garde ini diciptakan oleh para seniman tidak dengan eksperimen tidak dengan coba–coba, tidak dengan lempar dadu. Para seniman pencipta karya sastra kontemporer ini ini bekerja melalui proses penciptaan yang panjang. Melalui pencarian yang panjang dan bertanggungjawab, beberapa sastrawan yang tergabung dalam angkatan ini antara lain : Sutardji Calzoum Bachri, Supardji Djoko Damono, Gunawan Muhammad, Leon Agusta, Emha Ainun Najib.
B.     Saran
16
 
            Sebagai bangsa yang besar dan berbudaya kita telah memiliki banyak sekali ragam karya sastra, hal ini menunjjukkan identitas dan eksistensi kebudayaan kita dalam gerusan zaman, sebagai generasi penerus khusunya mahasiswa, apalagi calon pendidik hendaknya mempelajari dengan saksama sejarah karya sastra yang pernah tertoreh dalam lembaran sejarah kebudayaan Indonesia, menjadikannya inspirasi untuk terus berkarya, dalam rangka berkontribusi mengisi kemerdekaan Indonesia.


















DAFTAR PUSTAKA
Abadi, Rival. 2012. Sastra Kontemporer diunduh dari http://www.scribd.com/doc/84673822/SASTRA-KONTEMPORER pada tanggal 20 Maret 2012.
Danriris..2010. Sastra: Ringkasan Ciri-Ciri Tiap Angkatan diunduh dari http://danririsbastind.wordpress.com/2010/03/10/sastra-ringkasan-ciri-ciri-karya-sastra-tiap-angkatan/ pada tanggal 20 Maret 2012.
Giyono. 2010. Teori Sastra dan Periodisasi Sastra 60 diunduh dari http://teori-sastra.blogspot.com/2010/04/periodisasi-sastra-60.html pada tanggal 20 Maret 2012.
Hadi, Saif Al. 2011. Sastra 60-an (Sejarah Sastra Periode 1960-1970) diunduh dari http://berbahasa-bersastra.blogspot.com/2011/03/sastra-60-sejarah-sastra-periode-1960.html pada tanggal 20 Maret 2012.
18
 
 

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini
"Guru Juga Punya Cita-Cita"
Tiada harapan tanpa cita-cita, Tiada semangat tanpa terus berkarya ...